Widget HTML Atas

Tips Mengatur Finansial di Masa Pandemi

Tips Mengatur Finansial di Masa Pandemi

Masalah ekonomi saat ini seakan menjadi bayang-bayang yang menakutkan bagi sebagian orang. Bagaimana tidak? Keadaan pandemi yang belum jelas kapan menunjukkan grafik menurun membuat banyak sektor seakan terjangkit. Padahal, sebelum masa pandemi, ada banyak proyeksi ekonomi yang menunjukkan angka positif dari sebelumnya.

 Memahami tips mengatur finansial adalah hal mutlak yang wajib dipahami oleh semua orang di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan grafik ekonomi yang menunjukkan stagnasi, bahkan cenderung menurun. Tips ini akan bermanfaat baik dalam pengaturan finansial Anda secara makro, sekaligus menjaga keadaan ekonomi Anda apabila sewaktu-waktu dunia terjebak dalam resesi. 

Tips dalam mengatur finansial terbaik sekaligus termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menerapkan rumus finansial 50/30/20. Tampak familiar? Mungkin saja. Hal ini terjadi karena rumus tersebut merupakan prinsip paling mendasar dalam melakukan pengaturan finansial. Selain itu, rumus tersebut efektif diterapkan bagi Anda dengan latar belakang pekerjaan dengan gaji berapapun.

Menerapkan Prinsip 50/30/20

Prinsip 50/30/20 adalah salah satu tips mengatur finansial terbaik sekaligus terefektif yang bisa Anda terapkan. Pada umumnya, gaji yang Anda dapatkan, selanjutnya, akan dipilah berdasarkan prioritas yang diperlukan. 50% dimasukkan untuk seluruh pengeluaran, 30% dimasukkan untuk kebutuhan tertentu, dan 20% sisanya dimasukkan untuk investasi yang Anda rencanakan/miliki.

Prinsip ini akan mengedukasi Anda dalam menerapkan aturan skala prioritas secara komprehensif. Selain itu, prinsip 50/30/20 bisa dikatakan cukup seimbang dalam menjaga ketahanan ekonomi yang Anda miliki untuk menghadapi situasi yang terburuk sekalipun. Bahkan, hal ini bisa dimaksimalkan apabila Anda "berani"untuk mengurangi kadar persentase kebutuhan yang Anda sediakan.

Demikian salah satu tips mengatur finansial yang bisa Anda coba dan aplikasikan ke depan. Prinsip 50/30/20 adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dari segala macam risiko apabila keadaan ekonomi dalam suatu waktu justru semakin memburuk akibat berbagai hal. Selain itu, ada banyak prinsip lain yang bisa Anda coba terapkan.

  Apabila Anda ingin lebih mengetahui berbagai informasi mengenai bisnis, Anda bisa klik disini.

Tidak ada komentar untuk "Tips Mengatur Finansial di Masa Pandemi"

Berlangganan via Email