Widget HTML Atas

Cara Memulai Bisnis Ternak Cacing Sutra secara Modern


Cara Memulai Bisnis Ternak Cacing Sutra secara Modern

Banyak yang berpendapat bahwa cacing sutra bisa di budidayakan tanpa menggunakan lumpur, apakah benar demikian? menurut saya cara tersebut kurang efektif karena walaupun menggunakan cara yang modern tetapi sedikit banyak tentu mereka masih memerlukan lumpur untuk tempat hidupnya. Apabila Kamu  tertarik untuk membudidayakannya silahkan simak ulasannya mulai dari persiapan kolam nampan plastik sampai dengan pemasarannya.

Pembuatan kolam menggunakan nampan plastik

Buatlah rak menggunakan kayu atau bambu yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan nampan, siapkan nampan plastik ukuran besar harga nampan plastik di kampung saya yaitu Rp. 8.000 per buah kemudian lubangi semua nampan untuk saluran air buatlah kolam terpal di bagian bawah rak sebagai penampung air yang nantinya dialirkan lagi ke atas menggunakan pompa air melalui paralon.

Untuk menyusun nampan perhatikan setiap lubang nampan seperti gambar diatas tingkat paling atas lubang menghadap ke barat dan untuk nampan tingkat ke dua dari atas lubang menghadap ke timur jadi intinya lubang harus berlawanan arah dari setiap tingkatnya hal ini bertujuan supaya air yang menetes dari nampan ke nampan lain tidak langsung keluar dari lubang aliran air, tempatkan kolam ditempat yang tidak kehujanan dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Proses fermentasi dan pemupukan kolam

Bahan-bahan yang digunakan untuk proses fermentasi bisa kita temukan dengan mudah bahan-bahan tersebut antara lain, kotoran ayam, dedak, ampas tahu, Molase, dan EM4, untuk takarannya silahkan disesuaikan dengan kebutuhan Kamu . 

Pemilihan dan penanaman bibit

Apabila Kamu  baru pertama kali mulai membudidayakan tentu Kamu  harus memiliki bibitnya terlebih dahulu Kamu  bisa membelinya di peternak langsung atau penjual ikan hias umumnya  mereka juga memelihara, atau Kamu  juga bisa mencarinya langsung di alam seperti irigasi dan selokan pembuangan rumah tangga pastikan irigasi atau selokan memiliki lumpur dan memiliki banyak kandungan organik karena cacing sutra sangat betah pada tempat seperti itu.

Tetapi perlu diperhatikan apabila Kamu  mengambilnya langsung dari alam Kamu  harus membersihkannya terlebih dahulu cacing tersebut menggunakan air yang mengalir selama 3 hari di simpan dikolam nampan hal ini bertujuan supaya bakteri yang ia bawa dari alam dapat dibersihkan terlebih dahulu.

Pembuatan dan pemberian pakan

Pakan bisa dibuat sendiri menggunakan ampas tahu dan prebiotik EM4 yang telah di fermentasikan atau Kamu  juga bisa menggunakan dedaunan yang bisa Kamu  petik dari alam kemudian taburkan secara merata pada tiap-tiap nampan pakan diberikan sehari hari sekali tergantung takaran yang Kamu  berikan.

Cara memanen cacing sutra

Cacing siap dipanen pertama kalinya ketika umur 3 bulan walaupun membutuhkan waktu yang lama tetapi setelah panen pertama Kamu  bisa melakukan pemanenan selama 2 minggu sekali. Harga cacing sutra di saya per 200 gram nya yaitu Rp. 10.000, lebih banyak cacing yang Kamu  budidayakan maka akan semakin banyak pula hasil yang didapatkan.

Bila  dalam sehari Kamu  mampu menghasilan 1kg berarti setiap hari Kamu  bisa mengantongi Rp. 50.000 bila  dikalikan sebulan maka penghasilan Kamu  Rp. 1.500.000, ini hanya perhitungan per hari 1kg bagaimana bila  lebih tentu akan lebih besar lagi keuntungannya.

Demikian dari artikel ini. Apabila Anda ingin lebih mengetahui berbagai informasi mengenai bisnis, Anda bisa klik disini.

Tidak ada komentar untuk "Cara Memulai Bisnis Ternak Cacing Sutra secara Modern"

Berlangganan via Email