Widget HTML Atas

Cara Elegan untuk Menghadapi Persaingan Bisnis di Tempat Kerja


Cara Elegan untuk Menghadapi Persaingan Bisnis di Tempat Kerja- 

Persaingan di tempat kerja atau di kantor adalah hal yang lumrah di setiap perusahaan. Sayangnya, persaingan ini seringkali membuat stres bagi sebagian karyawan. Akibatnya mereka tidak bersemangat sehingga produktivitasnya menurun. Agar Anda tidak seperti mereka, ada lima cara elegan untuk menghadapi persaingan di tempat kerja Anda.

Berpikirlah positif tentang persaingan

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah berpikir positif tentang Persaingan Bisnis. Ingatlah bahwa persaingan baik untuk Anda, rekan kerja Anda, dan kinerja perusahaan. Karena persaingan akan membuat semua karyawan memberikan yang terbaik. Kemampuan terbaik adalah mengejar posisi yang lebih tinggi, mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Hal ini mendapatkan reputasi yang baik, atau mendapatkan proyek yang lebih menantang. Jika Anda menganggap persaingan itu negatif, Anda juga akan mendapatkan hal-hal negatif. Misalnya, memfitnah rekan kerja, mengeluh, tidak percaya diri, atau menyalahkan orang lain.

Tingkatkan keterampilan

Cara kedua adalah meningkatkan keterampilan Anda. Fokus pada apa yang menjadi keunggulan Anda. Lupakan keterampilan atau kelebihan orang lain. Ini akan mendorong Anda untuk mencurahkan energi dan upaya untuk menghilangkan kelemahan Anda, bukan mengerahkan energi dan upaya untuk mengeluh dan mengkhawatirkan orang lain. Sedangkan untuk meningkatkan keterampilan, yang perlu dilakukan adalah:

Identifikasi keterampilan terkait pekerjaan yang belum Anda kuasai atau kurangi

Hubungi atasan langsung Anda dan minta Anda dilatih dalam keterampilan ini

Berikan penjelasan yang baik (misalnya untuk meningkatkan produktivitas Anda) ketika meminta pelatihan agar atasan Anda menyetujuinya

Ikuti pelatihan yang diizinkan oleh atasan Anda

Bekerja di luar deskripsi pekerjaan Anda

Persaingan adalah kesempatan untuk menonjolkan kinerja. Oleh karena itu, melampaui deskripsi pekerjaan Anda adalah langkah yang tepat menuju tujuan itu. Misalnya, jika pekerjaan Anda adalah seorang insinyur kelistrikan, tanyakan kepada atasan Anda tugas tambahan saat pekerjaan Anda selesai.

Melakukan tugas tambahan dari atasan Anda lebih baik daripada membuang-buang waktu Anda saat pekerjaan Anda selesai. Mintalah tugas dengan tulus, bukan karena Anda mengharapkan kompensasi uang. Ingat, niat baik akan menghasilkan niat baik juga.

Membina hubungan baik dengan atasan

Dalam perusahaan yang mengutamakan prestasi, peran atasan sangat penting dalam mengembangkan karir bawahannya. Oleh karena itu, bangunlah hubungan yang baik dengan atasan Anda agar Anda memiliki hubungan yang profesional dan reputasi yang baik di mata atasan Anda. Hal ini diharapkan dapat membantu Anda dalam persaingan kerja. Beberapa contoh aktivitas yang dapat membantu Anda membangun hubungan yang baik dengan atasan adalah:

Sapa dia saat kamu bertemu

Laksanakan tugas yang diberikan dengan cepat, menyeluruh, dan akurat

Bicaralah dengan sopan saat mengungkapkan keinginan Anda

Laporan inisiatif tentang kemajuan proyek yang sedang dikerjakan

Ngobrol dengannya saat istirahat

Kunjungi rumahnya untuk persahabatan

Bersinergi dengan kompetitor

Cara terakhir adalah bersinergi atau bekerjasama dengan kompetitor Anda. Jika pesaing membutuhkan bantuan, lakukan yang terbaik. Misalnya, jika dia belum mahir dalam suatu alat musik dan meminta Anda untuk mengajarinya, ajari dia dengan baik. Singkirkan rasa takut disaingi, karena Anda mungkin membutuhkan bantuannya di kemudian hari.

Selain itu, sinergi ini akan membantu Anda dan pesaing bisnis Anda untuk berkembang. Bahkan, pesaing Anda mungkin merekomendasikan Anda ke posisi yang lebih tinggi jika manajemen dimintai pendapatnya.

Demikian dari artikel ini. Apabila Anda ingin lebih mengetahui berbagai informasi mengenai bisnis, Anda bisa klik disini.

Tidak ada komentar untuk "Cara Elegan untuk Menghadapi Persaingan Bisnis di Tempat Kerja"

Berlangganan via Email