Widget HTML Atas

3 Kebiasaan Menjaga Ketahanan Finansial Saat New Normal


 

3 Kebiasaan Menjaga Ketahanan Finansial Saat New Normal

 

3 kebiasaan untuk menjaga ketahanan finansial saat new normal. Sekarang memang sudah memasuki masa new normal atau kebiasaan baru. Namun harus tetap diperhatikan bagaimana keuangan kita berjalan. Karena tidak ada yang tahu, apakah pandemi akan memuncak lagi kedepannya.

 

Berikut ini akan diberikan 3 kebiasaan yang dapat kamu terapkan untuk menjaga ketahanan finansial saat new normal. Tentu saja akan membantu jika kedepannya terjadi apa-apa lagi. Perhatikan kebiasaan-kebiasaan berikut ini:


Menahan Keinginan Berbelanja yang Konsumtif

 

Siapa sih yang tidak tahu, bahwa berbelanja yang sesuai keinginan konsumtif dapat menjatuhkan keuangan kita. Nah dimasa new normal ini, ada baiknya jika kamu mulai mengurangi gaya hidup konsumtif ini. Tentu saja demi menjaga keuangan disaat-saat yang belum pasti sekarang ini.

 

Berbelanjalah sesuai kebutuhan, dan meminimalkan pengeluaran. Alokasikan keuangan untuk hal lain yang berkaitan dengan perencanaan dan kesehatan. Berbelanja kebutuhan sehari-hari saja sudah cukup dan akan meningkatkan ketahanan finansial saat new normal.

 

Menabung dan Berinvestasi

 

Sudah merasakan pada saat pandemi kemarin, bagaimana pentingnya tabungan dan investasi? Pada saat itu banyak orang yang dikeluarkan dari pekerjaannya, akibatnya tidak memiliki penghasilan lagi dan hidup menggunakan sisa uang yang ada. Di sinilah arti penting tabungan, jika nanti terjadi hal-hal seperti ini pula.

 

Lalu kamu dapat berinvestasi menggunakan sebagian penghasilan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Gunakan investasi untuk perencanaan hidup masa depan, seperti biaya pendidikan anak, dan lain-lain. Dengan begitu masalah finansial saat new normal tidak mempengaruhi masa depan kamu.

 

Mempersiapkan Dana Darurat

 

Dana darurat adalah dana yang disiapkan jika terjadi apa-apa yang membutuhkan uang dengan jumlah yang banyak. Terutama saat virus masih menyebar sekarang ini, tentu ada kemungkinan seseorang terdekat yang dapat terkena dampaknya. Nah jika begitu pasti membutuhkan biaya yang cukup besar.

 

Tentu di situlah pentingnya memiliki dana darurat ini. Secara langsung akan menjaga ketahanan finansial saat new normal, karena tidak menggunakan keuangan sehari-hari.

 

Itulah 3 kebiasaan yang dapat kamu terapkan untuk menjaga finansial saat new normal tetap aman dan dapat memenuhi kebutuhan dengan baik. Awal memulai pasti sulit, namun lama-lama akan terbiasa, semangat mencoba.


Demikian dari artikel ini. Apabila Anda ingin lebih mengetahui berbagai informasi mengenai bisnis, Anda bisa klik disini.

Tidak ada komentar untuk "3 Kebiasaan Menjaga Ketahanan Finansial Saat New Normal"

Berlangganan via Email