Widget HTML Atas

PERBEDAAN BISNIS ONLINE DAN OFFLINE BESERTA KELEBIHANNYA

PERBEDAAN BISNIS ONLINE DAN OFFLINE BESERTA KELEBIHANNYA



Apakah Anda mencari perbedaan bisnis online dan offline beserta kelebihannya ? 
Pada kesempatan ini kami akan membahas artikel mengenai kelebihan bisnis online dibanding dengan bisnis offline. Tentu pada benak kita timbul mana yang lebih mudah dan dan menguntungkan antara bisnis online dan offline.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel berikut ini :

PERBEDAAN BISNIS ONLINE DAN OFFLINE BESERTA KELEBIHANNYA :

1. Modal

Pada bisnis offline sangat memerlukan modal, baik dari segi tempat, penyedian barang, sumber daya manusia serta dana operasional untuk menjalankannya. Tentu untuk menyiapkan itu memerlukan modal yang tidak sedikit dan rincian yang tepat. Tetapi berbeda jika memulai suatu bisnis online. Bisnis online sangat terjangkau dan bahkan bisa dikatakan gratis. Mengapa kami mengatakan itu?

Coba kita membuka sebuah toko di instagram, marketplace ataupun medos-medsos lainnya, sangat murah bukan? Bahkan bisa dibilang gratis karena cuma modal kuota dan relasi. Apabila kita tidak mempunyai cukup modal untuk membeli produk yang akan dijual, maka bisa menjadi reseller atau istilah lainnya "menjual barang orang lain dengan menaikan harga". Sebagai ilustrasi : teman Anda menjual baju dengan harga Rp. 150.000, kemudian Anda posting di fb atau ig  dengan harga Rp. 200.000 . Dengan begitu Anda bisa mendapatkan untung Rp. 50.000 perbaju yang terjual.  

2. Cara Berpromosi

Pada saat Anda melakukan promosi barang, dalam menawarkan produk pasti minimal menggunakan media brosur atau kertas sebaran agar bisa terbaca ke calon konsumen. Sedangkan apabila bisnis online, Anda hanya cukup mempostingnya saja di medsos. Dan tentunya akan dilihat oleh orang banyak dengan jangkauan yang cukup luas pula.

Promosi di medsos juga tidak banyak menggunakan modal, sangat simple dan terjangkau. Keefektifan waktu memang lebih unggul secara online. Tetapi untuk terjaminnya mutu dan kualitas barang lebih condong ke offline karena teredukasi dan dapat melihat secara langsung. Tetapi itu bukan masalah untuk para pebisnis online bila mereka berjualan jujur serta dengan kualititas yang terjamin.

3. Cara Pembayaran

Zaman sekarang kita dipermudah dengan transaksi online. Dimana orang-orang tidak mau ribet dan mengambil simplenya saja. Selain kita dipermudah untuk transaksi online namun dibalik itu semua ada kekurangannya yaitu kasus penipuan yang terjadi. Tetapi jangan khawatir, kita bisa menanggulanginya dengan menggunakan marketplace seperti tokopedia , shopee, buka lapak, lazada  dan lain-lain. 

Dalam market place tersedia jaminan keamanan transaksi apabila barang belum sampai kepada pembeli. Jadi uang itu belum bisa diterima oleh penjualnya. Pada transaksi juga dipermudah lewat pembayaran mana saja seperti atm, bank, alfamart, indomart dan masih banyak lagi.

4. Varian Produk

Merujuk pada no 1 tentunya toko-toko offline hanya menyediakan variasi produk yang tidak seberapa, dibandingkan dengan toko online. Sedangkan toko online menyediakan produk yang bervariasi karena jangkauannya tidak terbatas. Anda juga bisa mengambil produk pada tangan pertama dan memperjual belikan kembali. 

Jika kita telusuri lebih dalam, toko offline juga terkadang kurang update dalam pemenuhan produk-produk yang disediakan. Sedangkan pada toko online mereka bisa menyesuaikan produk sesuai trend nya. Karena toko online telah dirancang dalam pemenuhan produk dengan inovasi lebih unggul serta modern.

Bagaimana menurut Anda ? tertarik yang mana? Saran dari kami sebaiknya mengkombinasikan antara bisnis online dan offline untuk menyediakan barang, keamanan dan penyediaaan kebutuhan konsumen terupdate. Semua hal pasti ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. Hal itu tergantung bagaimana Anda menyikapinya.

Demikian dari artikel ini. Apabila Anda ingin lebih mengetahui berbagai informasi mengenai bisnis, Anda bisa klik disini.

Sekian dari artikel ini, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar untuk "PERBEDAAN BISNIS ONLINE DAN OFFLINE BESERTA KELEBIHANNYA"