Widget HTML Atas

CARA MEMBANGUN TIM KERJA YANG SOLID DALAM BERBISNIS

CARA MEMBANGUN TIM KERJA YANG SOLID DALAM BERBISNIS



Apakah Anda mencari cara membangun tim kerja yang solid dalam berbisnis
Nah ini diartikel ini adalah jawaban yang tepat.

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan single fighters dalam bisnis ? Single fighters adalah sebuah kegiatan dimana melakukan semuanya serba sendiri atau dalam istilah berperang yaitu maju menyerang buta.

Pada bisnis semua komponen harus saling mendukung demi tujuan pencapaian hasil bersama. Sulit memang menyatukan pikiran dari masing-masing karena setiap orang pasti mempunyai ide-ide dan gagasan berbeda-beda.

Perbedaan pendapat dan benturan pemikiran sering terjadi dalam sebuah tim bisnis. Dalam menyatukan dan mengkombinasikan sebuah pemikiran itu sulit. Anda tak perlu khawatir terkait cara untuk menguatkan satu sama lain demi membuat bisnis unik dan kreatif. Pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa tips untuk menguatkan tim demi tercapainya tujuan bersama.

CARA MEMBANGUN TIM KERJA YANG SOLID DALAM BERBISNIS

1. Memiliki Kesamaan Visi dan Misi

Dalam memilih anggota tim harus memiliki tujuan dan  secara konteks sama. Sehingga ketika upaya keputusan diambil merupakan wujud implementasi visi dan misi bersama.

Sebagai contoh : Anda dan saya akan pergi ke pasar. Tetapi saya bingung tidak tahu mau naik apa. Pada saat itu Anda punya motor, tetapi tidak ada bensin. Sedangkan saya punya bensin namun tidak mempunyai kendaraan.

Disaat itulah Anda dan saya bekerja sama demi tercapainya tujuan bersama yaitu ke pasar. Bukankah hal itu merupakan sesuatu yang menguntungkan?

2. Rasa Saling Percaya

Dalam  kerja sama tim membutuhkan sebuah rasa percaya satu sama lain untuk mengerjakan porsinya sesuai kemampuan anggota. Apabila rasa saling percaya tidak ada, maka sesama anggota akan bekerja secara individu dan kemungkinan akan saling menjatuhkan satu sama lain.

3. Intensif dalam Komunikasi

Komunikasi merupakan cara dimana sebuah tim harus menjaga, menyampaikan dan menerima info dari sesama anggota. Sebuah komunikasi yang tepat akan mendorong sebuah tim untuk mengerjakan suatu hal sesuai dengan kemampuan dan hasil yang dinginkan bersama. Sehingga bisa kita simpulkan bahwa komunikasi dalam bisnis itu sangatlah penting.

4. Harus Memahami Keadaan

Dalam tim harus saling memahami keadaan dari masing-masing karakter anggotanya, termasuk dalam penyediaan sarana prasarana yang mungkin kurang. Apabila sebuah tim sudah mengerti akan hal itu maka akan mendapatkan hasil yang dicita-citakan secara optimal.

5. Bertanggung Jawab dalam Menunaikan Kewajiban

Dalam tim setiap anggota harus memiliki rasa kesadaran untuk mengerjakan apa yang harus dikerjakan dengan rasa tanggung jawab. Untuk itu harus saling mensupport satu sama lain dan fokus pada kewajibannya masing-masing. Jangan sampai pada salah satu anggota ada yang lemah akan hal ini. Karena akan berpengaruh juga terhadap anggota lain.

6. Meningkatkan Kualitas atau Kompetensi Tim

Dalam menjaga kerjasama tim yang baik, harus saling meningkatkan kemampuan dan kualitas dari waktu ke waktu. Untuk itu harus saling mengupgrade kreatifitas serta membantu satu sama lain apabila ada kekurangan. Sehingga semua dapat terorganisir dengan maksimal.

7. Saling Menghargai

Dalam pengambilan keputusan, setiap orang pasti berbeda-beda dalam berpendapat. Untuk itu harus saling menghargai satu sama lain, jangan egois untuk memaksakan pendapat pribadi karena ini untuk kebaikan bersama.

8. Berkomiten Kuat

Dalam mewujudkan suatu tujuan membutuhkan prinsip atau komitmen  kuat. Jangan sampai tergoda dan terombang-ambing oleh hal yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditentukan bersama. Jadi Anda harus mempunyai komitmen yang kuat agar tujuan lebih terarah kedepannya.

9. Evaluasi Rutin

Pada sebuah tim harus ada koreksi pencapaian dari waktu ke waktu terutama dari segi kekurangan. Baik dari kekurangan dari seluruh tim ataupun dari salah satu anggota. Karena hal itu bertujuan untuk memperbaiki kekurangan serta mengembangkan hal yang sudah dicapai bersama. Jadi untuk mengetahui perkembangan jalannya suatu bisnis, maka evaluasi secara rutin itu sangat direkomendasikan.

Demikian dari artikel ini. Apabila Anda ingin lebih mengetahui berbagai informasi mengenai bisnis, Anda bisa klik disini.

Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat 


Tidak ada komentar untuk "CARA MEMBANGUN TIM KERJA YANG SOLID DALAM BERBISNIS"