Widget HTML Atas

4 CARA MENGHADAPI KRITIKAN ORANG


4 CARA MENGHADAPI KRITIKAN ORANG



Terkadang di kehidupan sehari-hari, kita seringkali menjumpai berbagai kendala maupun tantangan, termasuk kritikan pedas. Hal ini seringkali  kita temui di dunia kerja, dunia sekolah, maupun di lingkungan tempat tinggal kita.

Hal ini tentunya akan membuat kita tidak terlalu bersemangat untuk menjalani hari-hari dengan baik.
Untuk itu silakan baca artikel dibawah ini. Siapa tau ini bisa menjadi motivasi untuk Anda.

4 CARA MENGHADAPI KRITIKAN ORANG :

1.) Kuatkan jiwa untuk mendengar kritikan, cemoohan, dan hinaan mereka

Anda harus bersikap laksana batu cadas, yang kokoh berdiri meski ditimpa butiran-butiran salju yang menerpanya. Karena semakin Anda menunjukkan sikap yang kuat, pasti mereka menganggap bahwa kritikannya sia-sia. Kuatkan hati Anda seolah-olah kritikan mereka yang menyakitkan itu pada hakikatnya merupakan ungkapan penghormatan untuk Anda. Karena semakin tinggi derajat dan posisi yang Anda duduki, maka akan semakin pedas pula kritikan terhadap kita.

2.)  Ambil positif dibalik kritikan tersebut

Jadi sebelum kita menilai bahwa kritikan itu hanya untuk menjatuhkan kita, kita harus menyaringnya dulu. Tidak semua kritikan merujuk ke sisi negatif. Semua itu kembali kepada orang yang melontarkan kritikan. Terkadang ada orang yang memang mengkritik secara pedas namun kritikan itu membangun kita, hanya saja mereka melakukan cara yang kita belum tentu bisa menerimanya dengan baik. Kita jangan menilai sesuatu dari luarnya saja, namun nilailah bahwa kritikan tersebut dapat membuat pribadi kita menjadi lebih baik kedepannya.


3.) Dengarkan secara cermat kritikan tersebut

Anda perlu mendengarkan terlebih dahulu kritikan tersebut jika itu memang menurut penilaian Anda tidak sesuai dengan kenyataannya, tak perlu Anda langsung menanggapinya. Jika terlalu ditanggapi mungkin suasana akan menjadi semakin memburuk. Apalagi jika Anda sedang dalam suasana emosi yang tidak stabil. Diam adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan agar tidak memperkeruh suasana. 

Kemudian tanyakan atau ajukan secara baik-baik alasan mereka mengkritik Anda. Untuk itu Anda dapat mengetahui secara jelas mengapa mereka mengkritik Anda. Jangan lupa untuk ucapkan terima kasih padanya walau kritikan tersebut pedas. Hal ini agar mereka sadar bahwa walaupun Anda dikritik, Anda masih menghormati mereka dengan ucapan terima kasih tersebut.

4.) Evaluasi kritikan tersebut

Jika setelah dinilai-nilai kritikan tersebut memang benar terjadi pada diri Anda, maka Anda harus melakukan evaluasi diri Anda. Anda harus Introspeksi diri Anda, supaya menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya. Namun jika memang kritikan itu tidak sesuai dengan yang ada didalam diri Anda, cukup Anda hiraukan saja, dan tidak usah terlalu dipikirkan, kembali kepada orang tersebut, mungkin sifat dasarnya lebih memerhatikan orang lain daripada dirinya sendiri dengan cara mengkritik.


Berlangganan via Email