Widget HTML Atas

CARA MEMBUAT MASKER KAIN

CARA MEMBUAT MASKER KAIN


Ditengah pandemik covid-19 ini,  semua orang dianjurkan menggunakan masker. Dalam penggunaanya tentu saja ada klasifikasi dan standar yang harus dicapai. Adapun standar untuk penggunakan masker yaitu seperti masker n95 atau sering disebut masker bedah. Tetapi pada kenyataannya masker yang dianjurkan tersebut sangatlah sulit didapatkan dan harganya mahal.

Pada awalnya yang dianjurkan menggunakan masker adalah bagi  orang sakit serta merupakan gejala covid-19. Tetapi merabaknya wabah ini membuat semua orang  beraktifitas diluar atau dekat dengan keramaian harus menggunakan masker.

Untuk meminimalisir penyebaran covid-19. Mari kita membuat masker dengan lebih mendekati masker n95. Walaupun kurang efektif tetapi hal ini sudah diuji coba dengan hasil yang disampaikan oleh Dr. tirta “memang ini kurang efektif tetapi ini bisa mencegah peneluran secara tidak langsung dengan radius tertentu antara pengguna dan virus covid-19 diudara atau setidaknya tidak kontak dengan pasien corona”.

Dalam sebuah study dijelaskan bahwa kain katun dapat mencegah penyebaran influenza. Dalam kajian kain tersebut juga dapat mengurangi jumlah mikroganisme yang besar pada suatu partikel yang mengandung virus atau mikroba lainnya. Tidak ada salahnya bagi kita berjaga-jaga untuk antisipasi akan kehabisan stok masker agar tetap bersih, aman, dan nyaman.

Untuk itu langsung saja kita mulai tata cara membuat masker sesuai lapisan yang efektif, sebagaimana dijelaskan “keefektifan masker tergantung dengan lapisan apa saja yang terdapat pada masker tersebut “.

Sebelumnya mari kita persiapan alat dan bahan seperti sebagai berikut :

1. Kain seperti katun, nilon (kain yang rapat).
2. Tali karet atau benda elastis yang digunakan untuk pengikat.
3. Gunting.
4. Alat jahit.

Untuk cara pembuatan yaitu :

1. Potonglah kain menjadi persegi panjang dengan ukuran 12x6 cm atau 11x5 cm.
2. Lalu buatlah lapisan-lapisan jadi satu kemudian dijahit.
3. Lipat minimal 2 sisi, mulailah menjahit dengan tali yang disiapkan didalam lipatan.
4. Tarik kencang bagian tali dan jahit sisa lipatan. Kemudian ulangi dari sisi yang lainnya.
5. Pastikan untuk menjahit beberapa kali diawal dan akhir jahitan karena tali karet bersifat elastis serta  menarik dititik tersebut.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat tutorial diyoutube dengan menglik link berikut ini :
DIY (cara membuat masker dari kain)


KESIMPULAN 

Untuk menjaga keberkahan dan kebaikan satu sama lain pastikan bahan dan alat yang digunakan, didapatkan dengan cara yang berkah dan halal. Karena pada saat perolehannya juga berpengaruh pada keefektifan masker. Tetap tenang dalam mengahadapi pandemik ini dan waspada stay at home, jangan lupa saling mengingatkan dalam kebaikan.

Mari bersama perangi covid-19, ikuti perkembangannya dan lakukan apa yang dianjurkan, hindari melakukan apa saja hal yang dilarang.
Jangan lupa menjaga kesehatan. Ingat “kebersihan adalah sebagaian dari iman”. Bila terjadi seperti gejala covid-19 pada diri Anda dan orang sekitar Anda, segera laporkan ke pihak-pihak terkait. Mari kita bersatu padu dalam mengahadapi pandemik ini.