Widget HTML Atas

CARA MENJADI HAFIDZ AL QURAN DENGAN CEPAT

CARA MENJADI HAFIDZ AL QURAN DENGAN CEPAT



Siapa sih yang tak ingin menghafal Al-Qur'an? Bisa menghafal Al-Qur'an merupakan  suatu anugerah luar biasa dari Allah SWT, dimana tak semua orang bisa dan mencapai garis finish dalam menghafal Alquran. Menghafal Al-Qur'an tidaklah mudah apalagi menjaga hafalannya. Namun setiap orang punya tips tips tersendiri agar menghafal Al-Qur'an terasa mudah dan menjadi menyenangkan.
Apa saja sih tipsnya ? Disini kami menyajikan beberapa tips untuk memudahkan dalam menghafal Al-Qur'an. Supaya bisa menjadi generasi penerus islami hafidz Hafidzah Indonesia masa kini. Apa saja sih  tipsnya ? Yuk simak artikel berikut ini :

9 CARA MUDAH UNTUK MENJADI HAFIDZ QUR'AN :

1.) Luruskan niat dalam hati karena Allah

Sebelum kita mulai menghafal hendaknya kita niat dalam hati untuk menghafal hanya karena Allah semata. Jangan sampai kita ngafal Al Qur'an hanya karena ingin mendapatkan gelar tahfidz saja. itu sama artinya kita tidak ikhlas dalam hati sehingga hasilnya pun terkadang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan hanya karena salah niat.

2.) Memperbaiki bacaan kita

Sebelum kita menghafal hendaknya kita harus perbaiki bacaan kita terlebih dahulu. Jangan sampai sesudah kita menghafal ternyata bacaan kita amburadul. Pelajari dengan seksama hukum tajwid, hukum keluarnya huruf, berdengungnya huruf, serta kefasihan dalam membaca.

3.) Bergurulah kepada Ahlinya

Nah untuk kalian yang sedang berjuang ngafal Al Qur'an pasti punya ustadz ataupun ustadzah masing-masing kan? Itu penting banget kawan. Karena jika kita tidak mempunyai guru, kita tidak ada yang membenarkan jika bacaan kita salah, karena namanya manusia pasti ada salahkan juga kan? Berguru juga perlu karena jika kita tidak mempunyai guru, syetan lebih mudah untuk mengganggu kita. Terutama nih kalian orang-orang yang sedang berjuang untuk hijrah, usahakan punya pendamping ya...

Gimana nih solusi jika sulit untuk mencari guru? Terkait dengan pekerjaan kalian nih misalnya. Nah kalian bisa buat perkumpulan orang orang yang ingin belajar Al-Qur’an... Namun harus jelas ya... Harus ada misalnya sahabat kalian yang ahli agama yang bisa membimbing kalian, jadi kalian bisa saling berbagi motivasi satu sama lain.

4.) Gunakan 1 mushaf yang sama dalam menghafal

Ketika kalian menghafal usahakan punya mushaf yang sama ya... Kalian bisa membeli mushaf hafalan ataupun mushaf dengan ayat pojok. Jadi ketika kalian menghafal sembari kalian mengingat dimana letak-letak halaman ataupun ayat ayat yang kalian baca. Tentunya ini akan lebih mudah terekam dalam memori otak kita.



5.) Pasang target untuk menghafal

Untuk target menghafal Al-Qur'an bisa kalian jadwal nih, semisal sehari harus 1 halaman ataupun sesuai keinginan kalian, karena kan setiap orang punya prinsip maupun aktivitas yang berbeda-beda satu sama lain. Tidak perlu pasang target terlalu banyak, namun hanya perlu istiqomah.

6.) Punya waktu efektif untuk menghafal

Untuk cara ini kalian sesuaikan dengan diri kalian masing-masing ya...Jadi kita harus tau nih waktu efektif agar kita lebih mudah menangkap hafalan. Saran saya sih waktu sebelum subuh lebih efektif, karena otak dan pikiran kita masih fresh jadi lebih mudah untuk menghafal, selain itu setelah waktu shalat pun cukup efektif untuk kalian yang sedang bekerja. Kalian bisa meluangkan waktu 5 menit untuk menambah maupun memuroja’ah hafalan.

7.) Kenali metode hafalan

Metode hafalan tiap orang pun berbeda-beda, sebenarnya kalau kita bisa benar-benar fokus ketika menghafal akan cekap masuk dan terekam diotak kita. Kalian bisa menggunakan metode pengulangan ayat. Jadi setiap ayat dibaca 20 kali. Ayat pertama 20, kedua 20 kemudian disambung ayat pertama dan kedua dibaca 20 kali. Begitu seterusnya. Ini pun cukup efektif metode untuk menghafal.

8.) Istiqomah dalam memuroja’ah

Selain kalian menambah hafalan kalian juga harus murojaah ya... Supaya hafalan kalian tidak hilang. Masa sih kita sudah susah payah menghafal, hilang begitu saja karena tidak memurojaah?. Jadi sesuaikan dengan waktu kalian yang penting Istiqomah. Nah untuk memuroja’ah biasanya waktu yang efektif adalah sebelum tidur. 

9.) Do'a

Doa juga poin paling penting nih. Jadi setelah kalian berusaha untuk menghafal semaksimal mungkin, kita hanya bisa berdoa supaya dimudahkan, dilancarkan kedepannya. Insyaallah niat yang baik akan berakhir ke arah yang baik pula.