Widget HTML Atas

6 CARA MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH

6 CARA MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH

Hai kalian para pejuang ujian? Apa kabar ?
Semoga baik-baik saja ya ...Ujian memang terkadang membuat kita senam jatuh alias deg-degan.
Apalagi kalau kita belum mempersiapkan semuanya dari awal. Pasti kita bakalan nggak nyenyak untuk tidur dihari-hari sebelumnya.
Nah untuk itu, di artikel ini kami sajikan cara untuk menghadapi ujian dengan mudah... Apa saja sih tips nya ? Yuk simak sekarang juga.

TIPS-TIPS DALAM MENGHADAPI UJIAN:

1.) Persiapkan ujian dijauh-jauh hari

Nah untuk kalian yang sudah persiapan dijauh-jauh hari, kalian beruntung ya... Kalian jadi lebih tenang pastinya. Sedangkan untuk kalian yang tergolong kaum rebahan, ada solusinya nih, kalian bisa mempelajari materi dengan mencarinya di youtube maupun di google supaya lebih menunjang pembelajaran kalian. Di zaman sekarang memang semua sudah serba ada dan pastinya rugi dong kalau tidak dimanfaatkan.

2.) Istirahat yang cukup

Untuk mempersiapkan ujian kalian harus punya tubuh yang segar dan fit. Untuk itu jaga kondisi tubuh kalian dengan istirahat yang cukup serta makan makanan yang bergizi. Karena jika kalian kurang istirahat kalian pasti akan lesu, mudah mengantuk dan tentunya akan mengganggu konsentrasimu saat mengerjakan ujian.

3.) Jangan belajar dengan sistem kebut semalam

Sistem kebut semalam terkadang dilakukan siswa karena mereka merasa kurang waktu untuk belajar saking banyaknya tugas yang menumpuk. Terutama untuk para siswa SMA atau SMK sederajat dengan sistem full day school. Mereka merasa kurang waktu untuk belajar karena dibebani dengan banyak tugas.

Nah untuk tips nya kalian cukup luangkan waktu sebentar untuk belajar, sedikit waktu namun rutin itu cukup efektif. Dari pada harus sistem kebut semalam. Kalian bisa melakukannya di waktu pagi setelah bangun tidur karena terbukti efektif, setelah bangun tidur otak kita akan lebih fresh dan kita pun akan lebih fokus.



4.) Persiapkan segala keperluan ujian sejak awal

Nah ini juga penting teman-teman kalian harus mempersiapkan segala keperluan ujian misalnya pulpen, pensil, penghapus, kartu ujian, papan ujian, penggaris dsb. Jangan sampai ketika sudah tiba saatnya ujian kalian lupa untuk membawanya karena tidak dipersiapkan sejak awal. Hal ini tentunya berpengaruh pada konsentrasi kalian untuk fokus hanya karena masalah sepele.

5.) Fokuskan diri saat ujian dan kenali trik-trik dalam mengerjakan

Nah ini poin yang paling penting teman-teman . Kalian harus fokus dalam mengerjakan ujian. Jangan terlalu panik, kalian harus berpikir positif dengan mental yang kuat bahwa kalian itu bisa untuk mendapatkan hasil yang terbaik saat ujian.

Kemudian kenali tips tips dalam mengerjakan soal, misalnya kalian harus mengerjakan soal yang dianggap mudah terlebih dahulu. Hal ini agar waktu tidak terbuang sia-sia. Pikiran kalian juga bisa fokus diawal-awal mengerjakan soal-soal yang mudah. Coba jika dibayangkan saja jika kalian mengerjakan soal-soal yang susah terlebih dahulu pasti kalian akan terjebak lama disoal tersebut, waktu terbuang sia-sia, dan pikiran kalian pasti sudah tidak terlalu fokus lagi karena terbawa oleh soal-soal yang sulit.

6.) Jangan lupa berdo’a

Berdo’a juga merupakan poin penting nih dimana kalian sudah berusaha dengan maksimal dan kalian tinggal menunggu hasilnya. Sebaiknya kalian berdoa diawal dan diakhir ujian. Berdo’a diawal berdoa supaya dimudahkan dalam mengerjakan soal dan berdo’a diakhir supaya mendapatkan hasil yang terbaik. Percayakan semua pada Allah, Insyaallah semua akan kembali sesuai dengan apa yang telah kita usahakan.