Widget HTML Atas

4 PERBEDAAN ORANG PINTAR DAN CERDAS

4 PERBEDAAN ORANG PINTAR DAN CERDAS


Siapa yang disini bingung membedakan antara pintar dan cerdas? Banyak orang yang beranggapan bahwa antara pintar dan cerdas itu sama. Padahal dari kodratya, antara pintar dan cerdas jelas berbeda.

Kata “pintar dan cerdas” keduanya memang saling berkaitan. Nah apa saja sih perbedaanya? Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel dibawah ini:

PERBEDAAN ANTARA PINTAR DAN CERDAS:

1.) Orang pintar identik dengan penguasaan suatu bidang. Sedangkan orang cerdas lebih identik dengan logika

Orang pintar biasanya akan mengetahui hal yang pernah ia pelajari sehingga ia cenderung ahli ke satu bidang saja.

Sedangkan orang cerdas biasanya tidak hanya satu bidang saja yang ia ketahui namun berbagai bidang atau bisa disebut dengan multitalent. Orang cerdas cenderung belajar hanya dengan waktu yang singkat saja namun ia sanggup dan menguasainya.

Inilah yang sering orang lain cari untuk menjadi partner kerja, karena kinerjanya cenderung dapat selesai dalam waktu yang singkat.

2.) Orang Cerdas lebih kreatif, Sedangkan orang pintar lebih ke disiplin

Dengan kata lain pintar lebih mendekati pengetahuan yang dibatasi oleh proses dan waktu. Dalam menuju pintar memerlukan proses untuk belajar hal yang dia ingin ketahui serta dalam jangka waktu yang tidak bisa ditentukan. Misalnya orang yang pintar mesin maka akan belajar dan paham akan mesin. Nah untuk menjadi seorang ahli pastinya ia harus disiplin belajar.

Sedangkan orang cerdas adalah orang yang bisa menyelesaikan suatu masalah dan sebelumnya belum menemukan atau mempelajari suatu permasalahan tersebut. Atau bisa disebut menyelesaikan sesuatu dengan logika. Ia dapat menyelesaikan masalah tersebut tanpa ada pengetahuan sebelumnya.



3.) Orang pintar cenderung berpikir lebih panjang sedang orang cerdas berpikir dengan modal keyakinan

Nah untuk mengatasi suatu masalah biasanya orang pintar cenderung berpikir lebih panjang, lebih tersusun, dan teratur. Orang pintar cenderung memperhatikan resiko dari suatu masalah tersebut.
Sedangkan orang cerdas, mereka tak begitu memikirkan resiko, mereka hanya berkeyakinan bahwa mereka itu bisa untuk melakukannya, masalah resiko bisa ditangani nantinya dibelakang.

4.) Orang pintar selalu berpikir, sedangkan orang cerdas selalu berusaha

Dalam menghadapi masalah misalnya kegagalan, orang pintar selalu berpikir dan menyusun bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi kegagalan tersbut.
Sedangkan orang cerdas cenderung berusaha semaksimal mungkin untuk bisa bangkit dari kegagalan.

KESIMPULAN

Bisa kita simpulkan bahwa menjadi orang  pintar semua orang itu bisa, karena hakiktnya pintar adalah sebuah perjuangan untuk meraih suatu pengetahuan yang dibekali oleh tekad dan niat serta dalam jangka waktu yang bisa ditentukan oleh kemampuan masing masing. Tidak ada orang bodoh kecuali dia memang tak ingin belajar. Belajar juga tidak harus dari buku namun mencari hal baru juga sebuah proses belajar yang menumbuhkan pengetahuan kita secara tidak langsung.

Sedangkan orang cerdas cenderung dari bawaan keturunan yang dikaruniakan Allah SWT kepada kita. Namun kecerdasaan juga tidak bisa menang tanpa diiringi proses belajar.
Setelah mengetahui perbedaan tentang pintar dan cerdas maka bisa kita tahu bahwa kepintaran adalah hak semua orang dan kecerdasaan adalah nilai plus ataupun disebut anugerah, tapi bagi kita yang merasa bodoh atau belum pintar maka kita wajib belajar terus-menerus.